memori internal penuh padahal masih kosong

Memori Internal Penuh Padahal Masih Kosong? Begini Cara Mengatasinya!

Setiap pengguna pasti pernah mengalami masalah memori internal penuh padahal masih kosong. Lalu apa hal yang dapat dilakukan pengguna jika mengalami masalah tersebut?

Pengguna sebaiknya memeriksa dengan seksama beberapa hal yang dapat menyita memori internal pada ponsel. Berikut cara sederhana yang dapat dicoba sebagai langkah pertama saat mengalami masalah tersebut:

1. Gunakan Aplikasi Cleaner

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi cleaner yang biasanya telah terinstall di setiap ponsel. Aplikasi cleaner dapat membantu pengguna mengidentifikasi sampah dalam memori ponsel.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, yaitu dengan buka aplikasi cleaner yang tersedia, kemudian klik tombol pindai ponsel atau memeriksa memori. Setelah aplikasi memeriksa sampah pada memori ponsel akan muncul sebuah tombol hapus atau bersihkan.

Aplikasi cleaner in biasanya cukup aman jika digunakan. Perlu diketahui bahwa informasi penting tidak akan terhapus, karena cleaner hanya memindai sampah memori. Jika telah mencoba cara ini namun tidak ada perubahan yang signifikan, coba lakukan cara yang berikutnya.

2. Restart Ponsel

Cara kedua ini merupakan cara yang cukup mudah, karena pengguna hanya perlu merestart ponsel bukan melakukan reboot. Dengan mematikan ponsel kemudian nyalakan kembali, atau menekan tombol power dan pilih restart.

Setelah melakukan restart, coba lakukan pembersihan menggunakan aplikasi cleaner kembali. Jika sudah selesai melakukan pembersihan ulang masih tidak ada perubahan, coba cara yang selanjutnya.

3. Hapus Data Kamera Tersimpan

Langkah ini merupakan langkah manual yang perlu dilakukan, untuk mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong. Karena mungkin saja banyak data tersimpan pada kamera, berikut langkah yang dapat dilakukan:

  • Pergi ke galeri, kemudian periksa apakah terdapat foto atau video yang sudah tidak digunakan kemudian hapus. 
  • Berikutnya coba kebagian menu cari file manager, kemudian pilih Internal, lalu klik folder DCIM, klik folder kamera.
  • Periksa juga apakah masih terdapat foto atau video yang dapat dihapus.

Setelah melakukan kedua langkah pembersihan foto dan video, gunakan kembali aplikasi cleaner untuk membersihkan secara optimal. Jika cara tersebut tidak terlalu mengurangi banyak memori lakukan langkah selanjutnya.

4. Hapus Cache Aplikasi

Cara ini juga merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan secara manual. Adapun langkah yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Buka setting ponsel.
  • Lalu klik menu aplikasi.
  • Kemudian buka aplikasi satu persatu.
  • Periksa apakah terdapat cache dengan ukuran yang besar.
  • Pada aplikasi yang diinginkan klik menu penyimpanan.
  • Pilih hapus cache.
  • Lakukan pada beberapa aplikasi dengan cache yang besar.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan memori.

Cara ini memang tidak mudah bagi yang belum terbiasa, namun cukup efektif untuk mengurangi penggunaan memori internal ponsel. Jika terdapat aplikasi yang tidak digunakan lakukan langkah berikutnya.

5. Hapus Aplikasi yang Sudah Lama Tidak Digunakan

Cara ini mungkin menjadi cara terakhir jika dirasa cara sebelumnya tidak terlalu berpengaruh. Namun jika mengalami memori penuh secara terus menerus menghapus aplikasi yang lama tidak digunakan, merupakan cara tercepat dan efektif untuk mengurangi penggunaan memori ponsel.

Pastikan bahwa aplikasi yang dihapus sudah tidak digunakan atau memang tidak diperlukan lagi oleh pengguna ponsel. Pengguna dapat mendahulukan aplikasi bawaan ponsel yang mungkin saja tidak digunakan oleh pengguna.

Dengan mencoba kelima cara sederhana untuk mengatasi memori internal penuh padahal masih kosong, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan ponsel. Karena memori yang kosong dapat membuat ponsel lebih cepat atau tidak lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *