software recovery data terbaik

Software Recovery Data Terbaik Mengembalikan File Terhapus

Terkadang tanpa disadari pengguna laptop menghapus file atau tidak sengaja memformat hard disk sehingga butuh software recovery data terbaik. Software recovery ini berguna saat keadaan seperti ini terjadi dan biasanya tanpa direncanakan karena faktor ketidaksengajaan dari penggunaan atau orang lain.

Rekomendasi Software Recovery Terbaik

Jika sudah memasang software recovery pada PC maka penggunaan tidak perlu khawatir karena data bisa diselamatkan.

Sebagai bahan jaga-jaga jika hal tersebut terjadi maka berikut rekomendasi software recovery data terbaik dan bisa dipasang secara gratis maupun berbayar pada laptop:

1. TestDisk

Rekomendasi pertama software recovery yaitu TestDisk yang berguna untuk mengembalikan file atau data hilang dari komputer. Selain gratis software dan mengembangkan data hilang, software ini bisa digunakan pada berbagai OS karena multi platform.

Solusi supaya data yang terhapus bisa dikembalikan yaitu menggunakan TestDisk yang sudah terpercaya menangani hal itu. Kurasakan pada partisi hardisk dapat di backup terlebih dahulu ke dalam recovery lalu upgrade Windows dan tingkatkan software.

2. EaseUs

Dalam dunia data recovery EaseUs sudah banyak digunakan dan mempunyai reputasi yang cukup tinggi sehingga sangat direkomendasikan. Software ini bisa mengembalikan file yang telah hilang bahkan sudah tidak ada di Recycle Bin di laptop.

Fitur-fitur yang bisa pengguna nikmati saat menggunakan software ini yaitu pengecualian dari bad sector secara otomatis. Software recovery mendukung semua sistem Windows, dark dinamis, drive USB dan banyak lainya.

3. Undelete 360

Salah satu software recovery data terbaik selanjutnya yaitu Undelete 360 yang dilengkapi dengan pencapaian file berdasarkan kategori. File hilang yang bisa ditemukan yaitu dari memory stick, pen drive, kamera smartphone, USB, hard drive komputer dan sebagainya sudah lengkap.

Jika kesulitan penggunaan bisa menggunakan fitur pencarian yang dapat melihat properti file, software log, file preview dan kode HEX. Software tersebut mulai menelusuri file yang hilang dari drive yang diinginkan terlebih dahulu atau tentukan drive mana yang akan dicari.

4. Pandora Recovery

Rekomendasi software recovery berikutnya yaitu Pandora Recovery yang bisa pengguna coba dan mengaplikasikannya langsung. Terdapat batasan waktu pemulihan data ketika menggunakan aplikasi ini yaitu satu bulan, jika data yang sudah dihapus lebih dari satu bulan akan sulit dikembalikan.

5. Wise Data

Software gratis satu ini memang tidak kalah dibandingkan Software berbayar karena fungsinya sama untuk mengembalikan data yang hilang. Fitur yang menjadi unggulan software ini adalah mengenai keterangan kondisi file yang berhasil ditemukan yaitu Poor, Very Poor, dan Good.

Semua keterangan tersebut memudahkan penggunanya dalam mengklasifikasikan file yang bermasalah atau masih baik. Artinya jika keterangan file Good kemungkinan untuk bisa direcovery semakin besar atau bisa diselamatkan begitupun sebaliknya.

Manfaat Menggunakan Software Recovery

Pengguna tidak pernah tahu kapan file bisa tiba-tiba hilang dari perangkat, padahal sebelumnya tidak pernah melakukan backup. File penting tidak bisa diselamatkan karena terhapus dan terformat tanpa disengaja sehingga perlu mengantisipasi kejadian tersebut, berikut kegunaan software recovery:

  • Sebagai solusi mengembalikan file hilang atau terhapus dan tidak ditemukan di recycle bin.
  • Berjaga-jaga supaya saat hal tersebut terjadi sudah ada software recovery untuk mengembalikan data.

Software tersebut bermanfaat bagi pengguna sehingga perlu memasang software recovery data terbaik pada laptop dan komputer. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan sudah bisa mengatasinya dan pastikan selalu teliti dalam menyimpan file pada laptop, Komputer maupun smartphone sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *