perbedaan wifi id dan indihome

5 Perbedaan Wifi Id dan Indihome Paling Mencolok!

WiFi ID dan IndiHome, merupakan dua produk layanan internet yang dinaungi satu perusahaan yang sama. Namun walau begitu, masih ada perbedaan WiFi ID dan IndiHome yang terlihat mencolok.

Lalu, apa sajakah perbedaan tersebut? Untuk itu, berikut beberapa perbedaan yang ada pada WiFi dan IndiHome:

1. Berdasarkan Konektivitas

Dilihat dari segi konektivitasnya, WiFi ID dan IndiHome ini tentu memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Bagaimana tidak? Di dunia yang serba modern ini, nyatanya penawaran konektivitas IndiHome jauh lebih banyak dibanding dengan WiFi ID.

Misalnya, ketika IndiHome telah menyediakan konektivitas berupa modem yang bisa disambungkan secara otomatis ke berbagai perangkat seperti laptop atau PC, namun WiFi ID tidak memilikinya. Konektivitas WiFi ID tersebut hanya dikhususkan untuk wireless saja.

Untuk itulah mengapa banyak orang hanya dapat mengakses WiFi ID secara publik atau tidak bisa privat. Hal ini dikarenakan, sistem koneksi yang ditawarkan oleh WiFi ID memang hanya untuk layanan publik atau umum.

2. Berdasarkan Layanan yang Diberikan

Bukan hanya dari segi konektivitas, perbedaan yang dirasa amat mencolok ini pun terjadi pada layanan yang diberikan, baik dari pihak WiFi ID atau pun IndiHome. Jika melalui IndiHome, pelanggan bisa bebas mengakses layanan lain selain internet alias add on.

Layanan add on tersebut tentunya sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari. Contohnya seperti layanan TV Kabel hingga telepon rumah.

Berbeda halnya dengan WiFi ID, layanan yang diberikan hanya khusus untuk internet saja. Itupun internet yang bersifat publik dengan akses wireless.

3. Berdasarkan Modem

Selanjutnya, perbedaan WiFi ID dan IndiHome yang lain adalah tentang modem yang diberikan. Pada poin ini, nampaknya WiFi ID jauh lebih unggul karena pihak Telkom juga menyediakan akses point.

Apa fungsi dari akses poin tersebut? Seperti dikutip dari banyak sumber, fungsi dari akses poin ini sendiri adalah untuk memperluas jangkauan area wifi. Contohnya, jika sebelum menggunakan akses point jangkauan wifi tersebut hanya 5 meter, maka setelah ditambahkan bisa menjadi 10 meter.

Namun untuk IndiHome, belum ada penawaran akses poin karena memang IndiHome berbasis privat alias bukan untuk layanan internet publik. Akses poin ini juga berguna untuk menambah kekuatan sinyal Wifi yang dipancarkan kepada para pengguna di sekitarnya.

4. Berdasarkan Kecepatan yang Ditawarkan

Selain harga, salah satu nilai pembanding yang biasanya sering digunakan para pelanggan saat memasang wifi adalah kecepatan. Saat ini, WiFi ID punya penawaran kecepatan dua kali lipat lebih baik dari IndiHome.

Kecepatan akses internet yang diberikan yaitu sekitar 20MBps. Sedangkan, untuk IndiHome sendiri hanya sekitar 10 MBps saja.

Jumlah kecepatan minimum yang ditawarkan oleh WiFi ID jauh lebih banyak, karena memang akses perangkat ke WiFi ID biasanya juga lebih banyak. Untuk itu, tambahan kecepatan ini akan meminimalisir dampak lemot, walau jaringan Wifi dipakai oleh banyak orang.

5. Berdasarkan FUP dan SSID

FUP atau Fair Usage Policy, merupakan salah satu aturan yang digunakan dalam dunia wifi untuk menurunkan kecepatan pemakaian internet, ketika kecepatan tersebut telah sampai pada batasnya. Adapun FUP dari WiFi ID dan IndiHome ini jelas berbeda.

FUP pada WiFi ID adalah unlimited alias tidak berbatas. Namun, untuk Wifi IndiHome, terdapat sejumlah FUP dengan batas berbeda, tergantung dengan jenis paket yang dipilih oleh pelanggan.

Namun, berbeda terbalik dengan adanya SSID atau Service Set Identifier yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan. Pada IndiHome, SSID ini hanya ada satu saja, sedangkan untuk WiFi ID terdapat beberapa macam.

Itulah tadi beberapa perbedaan WiFi ID dan indihome yang cukup jarang diperhatikan namun terlihat mencolok. Berbagai perbedaan tersebut tentunya akan sangat membantu bagi yang ingin memakai atau memasang wifi di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *