Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca dengan Aman

Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca dengan Aman

File yang ada di kartu SD tiba-tiba tidak terbaca di perangkat, tentu menjadi masalah penting bagi sebagian pengguna perangkat. Pengguna tersebut perlu mencari cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca dan segera mencobanya.

Hal ini tentu saja agar kartu tersebut bisa segera diperbaiki jika memang terdapat gangguan sebelum benar-benar tidak terselamatkan. Banyak hal yang membuat kondisi ini terjadi namun, yang terpenting adalah untuk memperbaikinya.

1. Cobalah Pasang Pada Perangkat Lain

Cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca paling dasar yaitu dengan mencoba memasangnya di perangkat lain. Masalah tidak terbacanya kartu memori tersebut terkadang bukan pada kartunya tetapi pada tempat terpasangnya kartu.

Bisa juga karena memang jenis kartu SD yang digunakan kurang sesuai dengan perangkatnya. Untuk itu, coba lepaskan kartu dan pasanglah pada perangkat lainnya atau bisa juga ke card reader khusus.

2. Bersihkan Permukaan Kartu Memori

Debu maupun partikel yang berukuran kecil lainnya sangat mudah menempel pada semua benda termasuk pada kartu SD. Kotoran tersebut, tentu dapat mengganggu sistem dalam membaca data yang tersimpan di kartu.

Coba keluarkan kartu tersebut dan lihat pada bagian lempeng tembaga lalu bersihkan dengan kain yang lembut. Dalam membersihkan bagian tersebut tidak perlu menambahkan cairan pembersih apapun karena justru bisa merusak kartu.

Agar tidak menggores permukaannya bersikahlah dengan pelan-pelan, dan sama sekali tidak perlu digosok. Setelah selesai masukkan kembali kartu tersebut ke perangkat lalu cek apakah sudah terbaca filenya.

3. Melakukan Restart

Cara lainnya untuk bisa mengatasi kendala ini yaitu dengan menyalakan ulang perangkat tempat kartu dipasang. Terkadang sistem yang ada di perangkat lah yang gagal saat membaca kartu untuk itu perlu dilakukan restart.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika perangkat baru saja dinyalakan karena baru selesai diisi baterainya dalam waktu yang lama. Pengisian baterai yang terlewat lama dari seharusnya, sering menimbulkan masalah pada sistem termasuk sistem pembaca kartu.

Pengguna bisa mematikan perangkat telepon pintar tersebut dan mengeluarkan kartu dari perangkat namun jangan langsung dinyalakan lagi. Setelah diberikan sedikit jeda waktu masukkan kartunya kembali dan nyalakan perangkat.

4. Perbaiki Kartu di Komputer

Apabila cara-cara umum diatas belum berhasil, pengguna bisa mencoba memperbaiki kartu dengan perangkat komputer. Perbaikan ini nantinya akan memanfaatkan fitur khusus yang memang tersedia di perangkat ini, berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ke dalam perangkat card reader khusus yang telah terhubung dengan komputer kemudian buka fitur Windows Explorer.
  • Selanjutnya ketuklah menu File Explorer lalu lanjutkan dengan akses klik kanan menggunakan mouse yang kursornya telah berada tepat pada drive kartu kemudian ketuk Properties.
  • Setelah itu ketuk tulisan Tools lalu ketuk juga opsi berikutnya yaitu Check Now.
  • Ceklis kolom yang bertuliskan Fix systems errors lalu tap perintah scan for recovery lalu pilih Start kemudian tunggu sampai selesai.
  • Selanjutnya pasang kembali ke perangkat dan lihat apakah cara ini berhasil.

5. Format di Komputer

Cara yang satu ini merupakan alternatif terakhir jika  cara yang lainnya memang tidak berhasil. Namun, pengguna perlu memperhatikan bahwa cara ini kemungkinan akan menghilangkan seluruh data yang ada di kartu secara permanen:

  • Masukkan kartu ke dalam sebuah card reader kemudian hubungkan ke perangkat komputer.
  • Buka fitur khusus yang bernama Windows Explorer, untuk berjaga-jaga buatlah folder untuk menyalin data kartu memori lalu salin ke folder tersebut.
  • Setelah itu ketuk perintah Format,¬† jika telah selesai lepaskan dan pasang di perangkat telepon pintar lagi.

Itulah cara memperbaiki kartu SD yang tidak terbaca yang bisa dicoba dari yang paling atas terlebih dahulu. Apabila yang pertama belum berhasil barulah coba cara berikutnya sampai kartu berhasil diperbaiki dan terbaca lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *