cara membuat virtual background di zoom

Cara Membuat Virtual Background Di Zoom yang Langkahnya Mudah Diikuti

Cara membuat virtual background di zoom sebenarnya bisa dibilang mudah. Namun mungkin para pengguna hanya belum tahu serta memahami saja langkah-langkahnya yang harus dilakukan.

Zoom telah memperkenalkan fitur latar belakang virtual, namun, banyak yang belum familiar dengan proses pembuatannya di dalam platform ini. Meskipun menciptakan latar belakang virtual terkadang dianggap rumit, sebenarnya setiap individu dapat dengan mudah membuatnya.

Keberadaan latar belakang virtual pada sesi webinar dianggap sebagai elemen yang dapat meningkatkan kesan kekompakan.

Untuk menciptakan latar belakang Zoom, diperlukan aplikasi pengeditan seperti Canva dan berbagai aplikasi lainnya. Pengguna dapat memilih aplikasi pengeditan sesuai dengan perangkat yang dimiliki atau keterampilan pengeditan yang dimiliki.

Untuk memperdalam pemahaman tentang langkah-langkah pembuatannya, berikut adalah beberapa panduannya:

1. Membuat Virtual Background Menggunakan Canva

Canva dikenal sebagai platform penyuntingan gambar yang tidak hanya efisien tetapi juga user-friendly. Keunggulan utamanya adalah tersedianya beragam template yang kreatif.

Selain itu, Canva tidak hanya memungkinkan pengguna untuk mengedit latar belakang statis, melainkan juga memberikan opsi untuk menyunting latar belakang bergerak, memberikan tampilan yang lebih menarik daripada latar belakang default Zoom.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat virtual background di Zoom dengan Canva:

  • Siapkan materi yang akan diedit atau gunakan template latar belakang Zoom yang telah disediakan oleh Canva. Pastikan dimensinya sesuai dengan rasio 16:9 agar warna hitam akan terlihat pada sisi latar belakang virtual.
  • Masuk ke akun Canva. Jika belum memiliki akun, registrasi terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil masuk ke beranda Canva, pilih opsi Create a Design dan pilih kategori Zoom Background. Langkah ini akan membawa pengguna ke halaman desain latar belakang, yang sudah dilengkapi dengan berbagai template.
  • Pengguna memiliki kebebasan untuk memilih template yang tersedia atau membuat template baru sesuai keinginan mereka. Dengan template yang sudah ada, pengguna dapat mengubahnya sesuai dengan preferensi masing-masing.
  • Setelah selesai melakukan penyuntingan, unduh hasil desainnya untuk menyimpan foto. Pilih format file yang diinginkan, sebaiknya menggunakan format JPG untuk kualitas yang optimal.

2. Dengan Menggunakan Aplikasi Modsy

Jika mencari opsi selain Canva untuk membuat latar belakang virtual di Zoom, Modsy bisa menjadi pilihan yang menarik. Modsy tidak hanya menawarkan kemudahan dalam mendesain latar belakang virtual, tetapi juga memberikan fleksibilitas dalam memilih tema yang diinginkan. Namun, perlu diingat bahwa mayoritas tema yang disajikan lebih berfokus pada desain interior, seperti ruangan perumahan.

Modsy memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai fitur dan gambar yang telah disediakan. Untuk mengakses gambar yang ingin digunakan, langkah awalnya adalah mengunduhnya terlebih dahulu.

Dengan berbagai opsi fitur dan pilihan gambar, Modsy dapat dijadikan sebagai alternatif kreatif selain Canva untuk menciptakan background virtual sesuai dengan selera pengguna.

3. Menggunakan Aplikasi Xsplit Vcam

Membuat latar belakang virtual melalui Zoom dapat diwujudkan dengan memanfaatkan aplikasi Xsplit Vcam. Berbeda dari aplikasi lainnya, Xsplit Vcam memiliki keunggulan mampu menghadirkan wajah pengguna sekaligus dengan video saat mengikuti rapat Zoom.

Pemakaian latar belakang virtual ini tidak memerlukan perangkat tambahan, sehingga pengguna tidak perlu repot menyiapkan dua perangkat yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan Xsplit Vcam:

  • Unduh aplikasi Xsplit Vcam terlebih dahulu, kemudian lakukan pendaftaran jika belum memiliki akun. Jika sudah memiliki akun, cukup masuk (login).
  • Selanjutnya, setelah terhubung, hilangkan latar belakang dan gantilah dengan video pilihan pengguna.
  • Setelah berhasil mengganti latar belakang dengan video yang diinginkan, tinggal menghubungkannya dengan rapat Zoom.
  • Secara otomatis, latar belakang akan berubah menjadi video yang telah dipilih.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara membuat virtual background di zoom. Jadi pengguna bisa coba cara-cara yang telah dijelaskan diatas pada saat akan melakukan virtual meet dengan aplikasi zoom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *