cara freeze pada google sheet

Cara Freeze pada Google Sheet Melalui Beberapa Perangkat

Cara freeze pada google sheet ternyata hanya menggunakan beberapa langkah saja dan mudah untuk dipraktekkan. Google sheet ini merupakan software untuk mengolah angka yang berbasis web.

Google sheet ini sering digunakan untuk mengolah data dan memudahkan pengguna dalam merapikan data dalam bentuk angka.

Nah, fitur freeze pada google sheet ini sering digunakan untuk membantu pengguna dalam melihat data utama tanpa mengubah posisi tampilannya. Jadi kolom utama yang digunakan sebagai heading dapat dikunci agar posisinya tetap walaupun halaman lembar kerja tersebut sudah digeser.

Lalu bagaimana cara menerapkan freeze ke dalam lembar kerja google sheet tersebut? Simak caranya berikut ini agar tidak lagi penasaran.

1. Cara Freeze pada Google Sheet Menggunakan PC

Agar dapat mengunci kolom google sheet dan kolom tersebut tetap tidak bergeser saat lembar kerja digeser, fitur freeze dapat diaktifkan dengan cara berikut ini.

  • Buka halaman google spreadsheet melalui browser yang sudah terinstal di perangkat komputer atau laptop masing masing.
  • Selanjutnya pilih baris atau kolom maksimal yang akan di bekukan.
  • Setelah itu, pilih menu view atau tampilan dari sekian banyaknya menu bar yang terdapat pada bagian atas halaman google spreadsheet.
  • Pada menu view atau tampilan, pilih menu “freeze” atau “bekukan”.
  • Dan di dalam menu tersebut pilih “Hingga Kolom ?” untuk membekukan kolom maksimal yang diinginkan.
  • Untuk menonaktifkan pembekuan kolom dan baris yang dibekukan tadi klik lagi menu view atau tampilan lalu pilih bekukan.
  • Setelah itu pilih tidak ada baris agar kolom yang dibekukan tidak lagi terkunci.

2. Melalui Perangkat Android

Google spreadsheet tidak hanya bisa diakses melalui komputer atau laptop. Software berbasis web ini juga bisa diakses melalui android dengan menginstal aplikasinya.

Aplikasi google spreadsheet bisa diunduh melalui appstore yang terdapat pada smartphone lalu tunggu sampai penginstalan selesai.

Setelah selesai terunduh dan terinstal, buka aplikasi google sheet untuk dapat mempraktekkan cara menerapkan fitur freeze ke dalam kolom google sheet.

Selanjutnya, pilih baris atau kolom yang ingin dibekukan agar posisinya terkunci. Setelah itu tahan baris atau kolom yang ingin dibekukan tersebut lalu akan muncul pop up menu.

Dalam menu tersebut pilih ikon titik tiga dan akan muncul beberapa menu yang salah satu diantaranya ada menu bekukan. Klik menu bekukan tersebut dan kolom atau baris tersebut sudah terkunci.

3. Melalui Iphone atau Ipad

Membekukan kolom atau baris di google sheet melalui iphone atau ipad juga tidak jauh beda untuk mempraktekkan langkah-langkahnya dengan langkah yang ada di android. Berikut diantaranya:

  • Langkah pertama yang sudah pasti adalah membuka aplikasi google spreadsheet terlebih dahulu. Dan jika belum memiliki aplikasinya bisa mengunjungi app store terlebih dahulu untuk mengunduh aplikasi tersebut.
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai lalu buka aplikasi google spreadsheet tersebut. Setelah google sheet terbuka, pilihlah kolom atau baris yang ingin dibekukan.
  • Saat menu pilihan sudah muncul, klik ikon panah yang menghadap ke kanan, lalu pilih menu freeze and unfreeze pada beberapa pilihan yang muncul.
  • Kolom dan baris pada lembar kerja google sheet sudah berhasil dibekukan.

Walaupun caranya mungkin hampir sama dengan yang terdapat pada android. Namun untuk beberapa pengguna yang baru saja mengakses mungkin akan sangat terbantu dengan informasi ini.

Semoga cara freeze pada google sheet yang dibahas pada pembahasan kali ini dapat bermanfaat dan membantu memudahkan pemahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *