aplikasi penerjemah bahasa otomatis

6 Aplikasi Penerjemah Bahasa Otomatis, Cocok Untuk Pembelajaran

Dengan kemajuan teknologi aplikasi penerjemah bahasa otomatis, kini tak lagi diperlukan upaya berbulan-bulan untuk mempelajari bahasa. Atau bahkan melakukan pencarian dalam kamus untuk memahami arti kata.

Hal ini tentu akan sangat berguna bagi seseorang yang sedang berteman dengan orang asing. Ketika melakukan sebuah percakapan, tentu kita harus mengetahui terkait dengan apa yang diucapkan walaupun dengan menggunakan bahasa asing.

Oleh karenanya, dalam hal ini akan membutuhkan sebuah aplikasi yang bisa menerjemahkan bahasa secara otomatis. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk menerjemahkan bahasa asing secara otomatis:

1. Dictionary Linguee

Salah satu aplikasi penerjemah bahasa otomatis yang populer adalah Dictionary Linguee. Keunggulan utama yang membuatnya diminati adalah antarmuka pengguna (UI) yang menarik dan ramah pengguna. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga disukai karena tersedia secara gratis dan bebas iklan yang mengganggu.

Selain itu, Dictionary Linguee dilengkapi dengan beragam fitur yang bermanfaat bagi pengguna. Fitur-fitur tersebut mencakup dukungan untuk penggunaan offline, kemampuan pengucapan dengan audio, serta penyediaan contoh kalimat yang membantu memahami konteks penggunaan kata.

2. Dict Box

Dict Box merupakan sebuah aplikasi penerjemah yang mendukung banyak bahasa, termasuk Inggris, Arab, Perancis, Jepang, Korea,  Spanyol, Cina, dan bahasa lainnya. Keunggulan aplikasi ini tidak hanya terletak pada kemampuannya untuk menerjemahkan secara multibahasa.

Akan tetapi, juga karena dapat diakses secara offline dan dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang mempermudah pengguna. Mulai dari koreksi tulisan, pengucapan audio, semuanya tersedia dalam satu aplikasi ini.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan sinkronisasi antar perangkat dan memiliki antarmuka pengguna yang intuitif, sehingga mudah dipahami oleh pengguna dari berbagai kalangan.

3. U Dictionary

U Dictionary, dengan fokus utamanya pada kamus digital, memberikan akses yang mudah untuk mencari arti kata dari berbagai bahasa. Pengguna cukup menetapkan bahasa target dan sumber, dan hasil terjemahan akan langsung ditampilkan pada layar perangkat seluler.

Selain fungsi kamusnya, U Dictionary juga menyediakan beragam fitur penerjemahan. Di antaranya adalah Quick Translation, yang mirip dengan layanan Google Translate dalam memberikan terjemahan instan.

Selain itu, terdapat juga Magic Translator, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan konten dari platform sosial seperti Instagram, Facebook, dan pesan WhatsApp. Namun, untuk mengakses fitur ini, pengguna perlu berlangganan layanan premium.

4. DeepL Translate

Aplikasi DeepL Translate merupakan sebuah platform penerjemahan yang serupa dengan layanan Google Translate, yang menyediakan beragam pilihan bahasa sumber dan target. Salah satu keunggulan dari DeepL adalah kemampuannya untuk menerjemahkan teks dengan akurat.

Terdapat fitur menarik dalam opsi penerjemahan teks, yaitu adanya opsi pemutar audio yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pengucapan dari teks yang telah diterjemahkan.

Namun, disayangkan bahwa untuk beberapa bahasa tertentu, fitur audio ini belum tersedia. Meskipun demikian, mesin penerjemahan DeepL masih mendapatkan apresiasi positif dari tim Carisinyal karena tingkat ketepatannya yang cukup baik, bahkan dibandingkan dengan pesaingnya.

5. Dictionary Linguee

Dictionary Linguee adalah salah satu aplikasi penerjemah bahasa otomatis yang paling diminati dan umum digunakan. Keunggulan utama yang membuatnya populer adalah desain antarmuka pengguna yang menarik.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah aplikasi ini tersedia secara gratis tanpa iklan yang mengganggu pengguna. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan beragam fitur yang bermanfaat bagi pengguna.

6. Reverso Dictionary

Salah satu aplikasi yang mendapat popularitas sebanding dengan yang lain adalah Reverso Dictionary. Keunggulan ini didukung oleh beragam bahasa yang dapat diterjemahkan dengan lancar oleh aplikasi tersebut.

Berbagai fitur menarik juga tersedia dalam aplikasi ini, termasuk kemampuan penerjemahan audio, permainan kata untuk memperkuat penghafalan. Perlu diketahui bahwa terdapat pula sebuah contoh kalimat yang membantu pemahaman konteks, dan fitur lainnya yang memperkaya pengalaman pengguna.

Tak hanya itu, kelebihan lainnya adalah kemampuan untuk digunakan secara offline, menunjukkan bahwa Reverso Dictionary merupakan pilihan yang baik bagi pengguna. Dimana pengguna tersebut memerlukan akses cepat dan andal tanpa ketergantungan pada koneksi internet.

Itulah beberapa rekomendasi dari aplikasi penerjemah bahasa otomatis. Dimana, dengan memanfaatkan aplikasi yang ada ini, akan lebih mudah untuk memahami bahasa asing apalagi jika memiliki teman yang berasal dari luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *