Kenapa Kabel USB Hanya Mengisi Daya

Kenapa Kabel USB Hanya Mengisi Daya? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Posted on

Kabel USB merupakan salah satu jenis kabel yang cukup penting ketika ingin menghubungkan Hp ke laptop. Namun tak jarang disadari bahwa, kabel ini terkadang mengalami permasalahan seperti hanya mengisi daya saja. Lantas kenapa kabel USB hanya mengisi daya?

Seperti yang telah diketahui bahwa, seringkali kabel USB tidak terbaca oleh laptop, terutama pada sistem operasi Windows 10. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa alasan kenapa kabel USB hanya dapat mengisi daya saja. Selain itu, juga akan diberikan pula penjelasan terkait dengan bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Kenapa Kabel USB Hanya Mengisi Daya?

Sebelum membahas cara mengatasi masalah kabel USB yang tidak terdeteksi, penting untuk memahami penyebabnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui penyebab tersebut, kamu dapat memilih solusi yang paling efektif untuk mengatasi masalah deteksi USB.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Microsoft, berikut adalah beberapa penyebab umum yang mungkin terjadi:

  • Driver USB yang tidak stabil atau mengalami kerusakan.
  • Sistem operasi di komputer belum diperbarui, yang menyebabkan ketidakcocokan antara hard drive USB eksternal dan Windows.
  • Ada pembaruan perangkat keras atau perangkat lunak Windows yang terlewatkan.
  • Kontroler USB mengalami ketidakstabilan atau kerusakan.
  • Drive eksternal mungkin dalam keadaan suspend.
  • Pembaruan pada motherboard PC diperlukan.

Cara Mengatasi Kabel USB yang Hanya Mengisi Daya

Saat ini, kamu sudah mengetahui alasan mengapa kabel USB tidak terdeteksi oleh laptop. Namun, tidak perlu khawatir karena tidak perlu mengunjungi tempat servis untuk memperbaikinya.

Penasaran bagaimana cara yang bisa dilakukan ini? Berikut ini adalah beberapa solusi untuk mengatasi masalah kabel USB yang tidak terdeteksi:

1. Coba di Komputer Lain

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungkan perangkat USB Anda ke komputer lain. Jika kabel USB tetap tidak terdeteksi pada komputer atau laptop tersebut, maka kemungkinan besar ada masalah dengan USB itu sendiri.

Anda perlu mempertimbangkan untuk memperbaikinya atau membeli yang baru. Oleh karenanya, perhatikan dengan lebih teliti.

2. Cabut Perangkat USB Lainnya

Apakah terdapat perangkat USB lain yang terhubung ke laptop Anda? Jika iya, sebaiknya cabut perangkat USB tersebut terlebih dahulu. Terlalu banyak perangkat USB yang terhubung ke satu laptop dapat mengganggu kinerja kedua perangkat.

Setelah itu, periksa apakah USB Anda dapat terdeteksi di laptop. Jika USB tersebut terdeteksi, maka kemungkinan laptop Anda tidak dapat mendukung dua aliran USB secara bersamaan.

3. Ubah Pengaturan Power Management untuk USB Root Hub

Jika tiga metode sebelumnya tidak berhasil, Anda bisa mencoba mengubah pengaturan Manajemen Daya untuk USB Root Hub.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  • Tekan bersamaan tombol ‘R’ dan logo Windows pada keyboard Anda. Kemudian, ketikkan devmgmt.msc dan tekan Enter.
  • Temukan dan klik tanda panah ke bawah untuk membuka bagian pengontrol USB.
  • Klik kanan pada USB Root Hub dan pilih Properties.
  • Masuk ke tab Power Management dan hapus centang pada opsi ‘Allow the computer to turn off this device to save power’. Setelah itu, klik OK.
  • Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, coba sambungkan kembali perangkat USB Anda.

Jika kabel USB masih tidak terdeteksi oleh laptop, Anda bisa mengaktifkan kembali opsi ‘Allow the computer to turn off this device to save power’.

Itulah uraian terkait dengan alasan kenapa kabel usb hanya mengisi daya. Selain i tu, juga telahh diberikan pula cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *