Cara Mengatasi Speaker Laptop Tidak Bersuara

Cara Mengatasi Speaker Laptop Tidak Bersuara Sebelum Diservis

Posted on

Speaker pada laptop merupakan salah satu komponen penting yang harus ada. Namun tak jarang disadari bahwa akan ada masanya ketika speaker laptop tidak dapat mengeluarkan suara. Sebenarnya, cara mengatasi speaker laptop tidak bersuara ini bisa dilakukan dengan beberapa metode mudah.

Speaker laptop yang tidak mengeluarkan suara dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah kesalahan pada sistem driver, sistem operasi yang belum diperbarui, kabel speaker yang putus, atau speaker yang dalam kondisi mute.

Jika menghadapi masalah ini, kamu bisa mencoba mengatasi sendiri sebelum memutuskan untuk membawanya ke tempat servis. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya:

1. Periksa Pengaturan Sound pada Keyboard

Di keyboard laptop, umumnya terdapat tombol mute yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan suara. Tombol mute ini biasanya dilambangkan dengan ikon speaker dan sering kali tertekan tanpa sengaja, sehingga suara laptop menjadi mati.

Untuk mengaktifkan kembali suara, pengguna cukup menekan tombol mute sekali lagi. Jika tombol mute tidak berfungsi, pengguna dapat menekan tombol Fn terlebih dahulu sebelum menekan tombol mute.

2. Memeriksa Volume pada Laptop atau Aplikasi

Langkah mudah berikutnya untuk mengatasi masalah speaker laptop yang tidak berfungsi atau tidak mengeluarkan suara adalah dengan memeriksa pengaturan volume, baik di perangkat maupun pada aplikasi yang digunakan. Seringkali, pengguna kurang memperhatikan pengaturan volume ini.

Ada kemungkinan bahwa volume pada laptop atau aplikasi dalam keadaan mati atau hening. Pengguna disarankan untuk menaikkan volume agar suara dapat terdengar.

3. Lakukan Disable dan Enable Speaker di Control Panel

Langkah lain untuk mengatasi masalah speaker laptop yang tidak berfungsi adalah dengan menonaktifkan atau mengaktifkan kembali speaker melalui Control Panel. Proses ini cukup sederhana.

  • Pengguna hanya perlu membuka Control Panel dan memilih opsi Hardware and Sound.
  • Setelah itu, klik Sound untuk menampilkan daftar perangkat Playback.
  • Kemudian, pilih speaker yang digunakan dan klik kanan untuk menonaktifkannya.
  • Setelah menunggu beberapa saat, pengguna dapat mengaktifkan kembali speaker dengan memilih opsi Enable.
  • Metode ini dianggap efektif dalam menyelesaikan masalah pada speaker laptop.

4. Lakukan Troubleshoot Audio

Jika speaker laptop tidak mengeluarkan suara, pengguna dapat melakukan pemecahan masalah audio. Langkah ini akan membantu laptop mendeteksi dan memperbaiki masalah audio secara otomatis. Berikut langkah yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Pertama, buka menu Pengaturan dan pilih opsi Sistem.
  • Kemudian, klik pada menu Suara dan pilih opsi Pemecahan Masalah.
  • Selanjutnya, pilih speaker yang ingin diperbaiki dan biarkan Windows menyelesaikan proses perbaikan.

5. Memeriksa Driver Audio

Speaker laptop yang tidak berfungsi juga dapat disebabkan oleh masalah pada driver. Oleh karena itu, pengguna perlu memeriksa driver untuk memastikan apakah masalah suara laptop disebabkan oleh driver yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk memeriksa driver, pengguna dapat mengakses Device Manager, yang dapat dengan mudah ditemukan melalui kolom pencarian. Setelah berada di Device Manager, langkah selanjutnya adalah mengklik opsi Sound, video, and game controllers.

6. Restart Windows

Windows juga dapat menjadi penyebab masalah ketika speaker laptop tidak berfungsi. Kadang-kadang, sistem Windows mengalami kesalahan tanpa penyebab yang jelas. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan laptop dalam waktu lama atau langsung digunakan setelah dinyalakan.

Jika mengalami masalah seperti ini, disarankan untuk melakukan restart Windows sebagai langkah awal. Proses restart pada Windows cukup sederhana; pengguna hanya perlu merestart laptop mereka.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara mengatasi speaker laptop tidak bersuara. Tentunya dengan menerapkan beberapa cara tersebut, maka speaker akan dapat mengeluarkan suara kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *