Software Untuk Membuat Motion Graphic

5 Software Untuk Membuat Motion Graphic, Untuk Hasilkan Konten Menarik

Posted on

Jika Anda merasa jenuh dengan konten promosi yang standar, cobalah untuk membuat video motion graphic yang dapat menarik perhatian calon pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan software untuk membuat motion graphic yang telah tersedia.

Apa itu motion graphic? Istilah ini merujuk pada visual yang menggabungkan berbagai elemen grafis, seperti garis, bentuk, ikon, teks, dan gambar yang bergerak. Untuk meningkatkan kualitas, Anda juga dapat menambahkan suara atau audio yang relevan.

Motion graphic merupakan cara promosi yang menarik dan mampu menghindarkan audiens dari kebosanan. Anda bahkan dapat mencoba untuk membuat motion graphic sendiri dengan menggunakan berbagai tools atau aplikasi yang tersedia.

Lantas apa saja rekomendasi dari softwarer yang bisa digunakan untuk membuat motion graphic? Untuk itu, dalam uraian kali ini akan diberikan beberapa rekomendasinya, diantaranya:

1. Adobe After Effect

Software yang paling banyak digunakan untuk membuat motion graphic adalah Adobe After Effects. Alasannya, perangkat lunak dari Adobe ini menawarkan beragam fitur yang komprehensif dan cukup ramah bagi pemula.

Banyak orang beranggapan bahwa software ini merupakan kombinasi dari Adobe Photoshop dan Adobe Premiere. Dengan Adobe After Effects, Pengguna dapat melakukan komposisi objek dan menambahkan efek animasi ke setiap urutan yang Pengguna buat. Selain itu, terdapat banyak pilihan untuk motion, pewarnaan, dan koreksi warna yang bisa Pengguna manfaatkan.

2. Adobe Illustrator

Alat ini mungkin sudah dikenal oleh oleh sebagian besar pengguna. Adobe menawarkan berbagai aplikasi untuk pengeditan video dan animasi. Salah satunya adalah Adobe Illustrator, yang merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat grafik bergerak di laptop.

Dengan menggunakan alat ini, pengguna dapat dengan mudah membuat vektor. Selain itu, juga dapat memanfaatkan fitur motion tweening.

Fitur ini sangat membantu dalam menciptakan animasi dari ikon atau elemen grafis lainnya sehingga bisa bergerak. Pengguna dapat menggerakkan gambar, mengatur rotasi, efek fade, ukuran, dan menambahkan efek khusus.

3. Cinema 4D

Cinema 4D adalah alat yang cukup ramah bagi pengguna baru yang ingin mencoba membuat motion graphic. Banyak animator lebih memilih aplikasi ini karena dianggap lebih sederhana dibandingkan dengan Adobe After Effects. Meskipun lebih mudah digunakan, hasil video yang dihasilkan tetap menakjubkan.

Alat ini memungkinkan pengguna untuk melakukan animasi, teksturisasi, rendering, dan berbagai fitur lainnya. Semua fitur yang tersedia memudahkan pengguna dalam menciptakan motion graphic yang menarik.

Dengan menggunakan alat ini, konten promosi akan terlihat seperti hasil karya profesional. Terdapat banyak tutorial yang dapat Sobat Shipper ikuti untuk memaksimalkan penggunaan alat ini.

4. Nuke

Nuke adalah alat yang dirancang untuk menciptakan visual dinamis, termasuk grafik bergerak. Untuk memulai, pengguna perlu mengunduh perangkat lunak Nuke yang tersedia secara online dan menginstalnya di laptop atau komputer mereka.

Salah satu keunggulan dari alat ini adalah kemampuannya untuk mengintegrasikan berbagai elemen, baik itu objek 3D maupun video, secara bersamaan.

Meskipun banyak digunakan oleh animator profesional, Nuke juga dapat diakses oleh pemula. Bagi yang baru memulai, terdapat banyak tutorial di YouTube dan sumber lainnya yang dapat membantu dalam mempelajari penggunaan Nuke.

5. Apple Motion

Bagi pengguna Apple, salah satu perangkat lunak menarik yang dapat dipertimbangkan adalah Apple Motion. Perangkat lunak ini terintegrasi dengan Final Cut Pro X, memungkinkan Pengguna untuk menggabungkan berbagai jenis video dengan mudah.

Dengan Apple Motion, Pengguna dapat menciptakan efek untuk Final Cut Pro, serta membuat generators, transisi, dan judul. Antarmuka Apple Motion dirancang dengan sederhana, sehingga sangat sesuai untuk desainer grafis bergerak yang baru memulai.

Namun, seperti yang dinyatakan oleh Future Five, perangkat lunak ini kurang ideal jika Pengguna memerlukan lebih dari 60 layer atau grafis 3D dalam proyek motion graphic. Apple Motion lebih tepat digunakan untuk menghasilkan motion graphic yang sederhana.

Itulah beberapa software untuk membuat motion graphic yang bisa digunakan. Tentunya dengan memanfaatkan beberapa aplikasi yang ada tersebut, akan dapat menghasilkan karya menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *