Aplikasi Untuk Berlatih Soal Matematika

6 Aplikasi Untuk Berlatih Soal Matematika, Cocok Untuk Mendalami Materi

Posted on

Dalam era kemajuan teknologi dan informasi yang pesat, kita kini dapat dengan mudah mengakses berbagai informasi serta mempelajari hal-hal baru salah satunya membantu dalam proses pembelajaran matematika. Aplikasi untuk berlatih soal matematika kini sudah tersedia dengan berbagai fitur dan juga kelengkapan.

Seperti yang telah diketahui bahwa, matematika sering kali dianggap sebagai pelajaran yang sulit oleh sebagian siswa. Sehingga menjadi tantangan tersendiri dalam proses pembelajaran.

Banyak cara yang bisa dilakukan siswa untuk memahami matematika dengan lebih baik. Salah satunya adalah memanfaatkan teknologi, seperti aplikasi pembelajaran matematika.

Lantas apa saja rekomendasi dari aplikasi yang bisa digunakan untuk berlatih soal matematika? Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat membantu siswa dalam belajar matematika, diantaranya:

1. Mathway

Mathway dapat dianggap sebagai sebuah kalkulator matematika yang sangat berguna. Aplikasi ini memudahkan penyelesaian berbagai jenis soal, termasuk geometri, aljabar, kalkulus, dan trigonometri.

Cara kerja Mathway adalah dengan memungkinkan pengguna untuk mengetik soal di layar atau memotret soal secara langsung. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan jawaban beserta penjelasan langkah demi langkah secara rinci.

2. Qanda

Mirip dengan Photomath, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan soal-soal matematika dengan cara memindai gambar soal menggunakan ponsel. Proses penyelesaian soal matematika di aplikasi ini hanya memakan waktu sekitar 5 detik.

Selain itu, Qanda juga dilengkapi dengan fitur chat yang menghubungkan pengguna dengan tutor dari berbagai negara, sehingga pengguna dapat memperoleh penjelasan mengenai soal-soal matematika yang dianggap sulit.

3. Photomath

Kesulitan mengetik soal matematika dengan aplikasi? Kini Pengguna bisa menyelesaikan masalah tersebut hanya dengan menggunakan kamera. Photomath adalah aplikasi yang menawarkan solusi praktis dan sederhana.

Proses penggunaannya sangat mudah; Pengguna cukup mengambil gambar soal matematika, dan Photomath akan menampilkan jawaban serta langkah-langkah penyelesaiannya. Dengan demikian, Pengguna tidak hanya mendapatkan hasil akhir, tetapi juga dapat memahami cara menyelesaikan soal matematika dengan lebih mendalam.

4. Mathematics

Aplikasi matematika ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam menyelesaikan berbagai masalah matematika. Aplikasi ini mampu menangani berbagai jenis soal yang rumit, termasuk fungsi dan matriks, serta dilengkapi dengan fitur untuk membuat grafik berdasarkan persamaan tertentu.

5. Math Tricks

Menghadapi banyak rumus dalam matematika bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, aplikasi Math Tricks bisa menjadi solusi yang tepat untuk Pengguna. Aplikasi ini dirancang khusus bagi mereka yang ingin mempelajari trik penyelesaian berbagai soal matematika. Dengan menggunakan trik-trik tersebut, Pengguna dapat menyelesaikan soal dengan cara yang lebih mudah dan sederhana.

Selain menawarkan rumus yang lebih mudah dipahami, Math Tricks juga mengklaim bahwa dengan metode yang disediakan, Pengguna dapat menghitung soal matematika dengan lebih cepat. Aplikasi ini menyediakan 15 level yang memiliki skor atau nilai berkisar antara 0 hingga lebih dari 650.

6. Math Games

Jika Pengguna baru mulai belajar berhitung atau ingin mengajari anak Pengguna, ada sebuah aplikasi yang sangat tepat untuk itu. Aplikasi ini disebut Math Games, yang merupakan permainan berbasis matematika yang membantu Pengguna mempelajari penjumlahan, pembagian, pengurangan, dan perkalian.

Dalam aplikasi ini, Pengguna tidak hanya akan menemukan kuis matematika yang mungkin membosankan, tetapi juga berbagai puzzle klasik seperti Sudoku. Aplikasi ini juga cocok untuk orang dewasa yang mulai lupa dengan perkalian dasar.

Itulah beberapa rekomendasi dari aplikasi untuk berlatih soal matematika yang bisa digunakan untuk mendalami materi yang diajarkan oleh guru. Namun aplikasi ini harus digunakan sesuai dengan kebutuhan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *