cara cek uang palsu lewat hp

4 Cara Cek Uang Palsu Lewat Hp, Solusi Agar Tidak Tertipu Pengedar Uang Palsu

Posted on

Cara cek uang palsu lewat hp saat ini sudah dapat dilakukan. Peredaran uang palsu di tengah masyarakat dapat menimbulkan sejumlah dampak yang merugikan. Bukan hanya bagi penerima uang palsu, tetapi juga potensial memicu inflasi dalam lingkungan ekonomi.

Selain itu, penyebaran uang palsu dapat mengakibatkan penggantian uang asli berkualitas dengan uang palsu. Hal ini mengingat bahwa uang berfungsi sebagai alat tukar yang penting untuk melakukan transaksi pembelian barang dan jasa yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita dapat melakukan verifikasi uang palsu secara lebih mudah. Bahkan, proses ini dapat dilakukan dengan cepat melalui ponsel pintar. Lalu bagaimana cara memeriksa keaslian uang menggunakan ponsel?

Berikut adalah beberapa Cara yang dapat membantu memverifikasi apakah uang yang diterima adalah asli atau palsu hanya dengan menggunakan HP.

1. Dengan Menggunakan Aplikasi I-Comreds

Cara cek uang palsu lewat hp yang pertama yakni dengan menggunakan Aplikasi I-Comreds. Aplikasi ini adalah aplikasi Android yang disediakan oleh Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri).

Tujuannya adalah untuk memfasilitasi pelaporan masyarakat terkait peredaran uang rupiah palsu dan sebagai alat untuk memverifikasi keaslian uang.

Aplikasi ini berfungsi sebagai alat pre-screening yang menganalisis pola dan informasi gambar berbentuk piksel pada lapisan uang rupiah yang diperiksa.

Namun demikian, saat ini aplikasi ini baru tersedia untuk sebagian wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Adapun untuk langkah-langkah penggunaannya adalah seperti berikut ini:

  • Unduh aplikasi I-Comreds dari Play Store.
  • Daftar dengan menekan tombol Daftar.
  • Lengkapi formulir pendaftaran yang mencakup: nama lengkap, NIK, nomor HP, alamat email, dan kata sandi. Tekan Daftar.
  • Tunggu hingga akun diverifikasi. Setelah diverifikasi, pengguna bisa masuk ke akun tersebut
  • Klik Mulai, kemudian Masuk. Masukkan alamat email dan kata sandi, lalu klik Login.
  • Setelah itu, lakukan pre-screening uang yang dimiliki.

2. Menggunakan Aplikasi Gempur

Cara yang kedua untuk cek uang palsu lewat hp yakni dengan menggunakan aplikasi yang bernama Gempur. Adapun Gempur sendiri adalah sebuah akronim dari Gerakan Masyarakat Pecinta Uang Rupiah.

Aplikasi Gempur, yang dikembangkan oleh Bank Indonesia (BI) sejak tahun 2018, dapat diunduh dan digunakan melalui smartphone untuk mendeteksi keberadaan uang palsu selama transaksi, baik secara offline maupun online.

Jika sewaktu-waktu menemukan uang yang dicurigai palsu, pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi ini karena aplikasi ini dapat membantu mendeteksi apakah uang tersebut asli atau palsu.

3. Dengan Menggunakan Aplikasi Detektor Uang Palsu

Pengguna bisa mencoba Detektor Uang Palsu, sebuah aplikasi yang tersedia untuk memeriksa keaslian uang. Aplikasi ini dapat diunduh baik dari Play Store maupun iOS.

Detektor Uang Palsu dilengkapi dengan fitur pemindaian menggunakan sinar ultraviolet untuk mengidentifikasi hologram yang hanya ada pada uang asli. Jika setelah pemindaian tidak ada hologram yang terdeteksi, maka dapat dipastikan uang tersebut palsu.

4. Menggunakan Aplikasi Banknote Checker

Pengguna bisa menemukan aplikasi ini di Play Store, tempat yang menyediakan berbagai aplikasi untuk Android. Proses penggunaannya sangat sederhana.

Pengguna cukup memindai kedua sisi uang kertas, baik bagian depan maupun belakang, menggunakan fitur pemindai yang disediakan dalam aplikasi.

Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan secara otomatis menganalisis gambar dan informasi yang terkandung di dalam uang untuk menentukan keasliannya. Dengan demikian, pengguna dapat memastikan apakah uang tersebut asli atau palsu dengan cepat dan efisien.

Demikianlah penjelasan serta uraian cara cek uang palsu lewat hp. Jadi saat menemukan uang yang mencurigakan, cara-cara diatas dapat diterapkan untuk memastikan keaslian uang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *